Desa Padang Jaya

Kecamatan Kuaro
Kabupaten PASER - Kalimantan Timur

Artikel

Cara Instalasi Dan Pemanfaatan Layanan Mandiri Versi Android Desa Padang Jaya

AFTHON ILMAN, S.Sos

22 13-0 12:57:30

590 Kali Dibaca

Cara Instalasi Dan Penggunaan Layanan Mandiri OpenSID Mobile Desa Padang Jaya

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, beberapa desa di Indonesia telah mengembangkan smart village (desa cerdas) utuk itu desa Padang Jaya mengambil bagian konsep desa cerdas, sebelumnya di lakukan dengan cara konvensional sekarang bergeser ke arah digital, maka desa padang jaya  meluncurkan website resmi desa yaitu aplikasi berbasis web, yang mana didalamnya banyak fitur yang akan memudahkan bagi warga masyarakat desa Padang Jaya khususnya, serta segala informasi desa lainnya, sebagai contoh agenda desa, pengaduan, bahkan layanan mandiri dalam surat menyurat yang mana akan terus kami tingkatkan kedepannya.
Adapun fitur yang akan diperkenalkan yaitu fitur pelayanan mandiri yang akan memudahkan warga desa dalam pengurusan surat menyurat.

Langsung saja kita mulai tutorial penggunaan layanan mandiri mobile khususnya pelayanan mandiri surat menyurat.

Pertama

Download terlebih dahulu aplikasi Layanan Mandiri OpenSID Mobile di playstore atau langsung klik di sini, setelah masuk halaman aplikasi di playstore langsung klik "install" contoh gambar 1 diatas.

Kedua
Setelah berhasil terinstal akan muncul seperti gambar 2, kita langsung klik “Mulai” maka akan di arahkan pada tampilan gambar 3, selanjutnya pada gambar 3 tersebut kita dapat langsung pilih wilayah desa kita sesuai contoh di atas, setelah selesai klik “Selanjutnya”

Ketiga
Setelah suksek isi wilayah desa kita akan di arahkan ke menu log in seperti gambar 4
Disini kita isi dengan nomer NIK kita dan PIN/Passwordnya, Adapun PIN/Password bisa diminta di kantor desa kepada admin yang bertugas, dari admin yang bertugas akan ditunjukan petunjuk pengoprasiannya.

Kelima
Setelah berhasil login maka akan tampil seperti gambar 5, sebelum mulai mengajukan surat, kita lengkapin dahulu dokumen persyaratannya, kita klik menu dokumen pada gambar 6, klik “unggah dokumen baru” selanjutnya akan diarahkan ke gambar 7, disitu kita lengkapin saja nama dokumennya dan fotonya sesuai gambar di atas.

Enam
Setelah sukses meng unggah semua dokumen persyaratan Kembali ke beranda seperti gambar 8, maka bapak dan ibu sudah dapat mengajukan surat secara mandiri dirumah.

Tujuh
Klik icon “Ajukan Surat” selanjutnya klik icon tanda “Tambah “ Pada gambar 9 akan di arahkan pada gambar 10, disini bapak ibu bisa langsung memilih jenis surat yang dipertlukan, beserta syarat apa yang dibutuhkan, dan keterangan surat tersebu/ Keperuntukannya seperti contoh gambar 11 dibawah.

Delapan
Setelah sukses mengisi form surat beserta keterangan dan kelengkapan persyaratannya klik “Simpan” maka mucul tampilan gamabar 12, sampai disini bapak/ ibu telah sukses membuat surat secara mandiri dirumah ditemani secangkir kopi. Berlanjut ke tampilan gambar 13 disini bapak/ ibu bisa memantau keterangan surat atau informasi realtime surat yang di ajukan, 

Demikian tahapan instalasi sekaligus penggunaan aplikasi Layanan Mandiri OpenSID Mobile dalam Pembuatan surat mandiri di Desa Padang Jaya, semoga dapat dipahami, untuk informasi lebih lanjut temasuk permintaan PIN/Password dapat datang langsung ke kantor desa Padang Jaya pada jam kerja.
Akhir kata Padang Jaya Cerdas, mandiri dan Berdata.

 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

DZIKRI ZULKARNAIN, S.Pd.I

Sekretaris Desa

SAMSUDIN

KAUR KEUANGAN

ACHMAD NURCHOLIS, S.Kom

KASI PEMERINTAHAN

AFTHON ILMAN, S.Sos

KASI KESEJAHTERAAN

SERLY CAHYA NINGSIH

KAUR TATA USAHA DAN UMUM

HUSNUL INDRIANINGSIH

KASI PELAYANAN

LARASATI, S.P

KAUR PERENCANAAN

FENY FAUJIA ROCHMAH, A.Md.Keb

STAF TU

CHUSNUL LAILI

STAF KEBERSIHAN

MISDAR

Staf Digital

ARDI SAPUTRA

Staf Digital

JAMJUR SOFYAN

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Padang Jaya

Kecamatan Kuaro, Kabupaten PASER, 64

Jam Kerja

Hari Mulai Selesai
Senin 08:00:00 14:00:00
Selasa 08:00:00 14:00:00
Rabu 08:00:00 14:00:00
Kamis 08:00:00 14:00:00
Jumat 08:00:00 11:30:00
Sabtu Libur
Minggu Libur

Statistik Pengunjung

Hari ini:676
Kemarin:531
Total:294,446
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.138.112.77
Browser:Mozilla 5.0

Agenda

Belum ada agenda terdata

Komentar

Sinergi Program

Media Sosial

Transparansi Anggaran

APBDes 2025 Pelaksanaan

Pendapatan

AnggaranRealisasi
Rp 3.198.299.000,00RP 687.080.057,20

Belanja

AnggaranRealisasi
Rp 2.721.899.000,00RP 264.882.352,00

APBDes 2025 Pendapatan

Hasil Usaha Desa

AnggaranRealisasi
Rp 80.000.000,00RP 0,00

Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp 833.187.000,00RP 0,00

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

AnggaranRealisasi
Rp 42.821.000,00RP 0,00

Alokasi Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp 2.072.467.000,00RP 517.203.514,00

Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota

AnggaranRealisasi
Rp 169.824.000,00RP 169.824.000,00

Bunga Bank

AnggaranRealisasi
Rp 0,00RP 52.543,20

APBDes 2025 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 1.382.885.200,00RP 256.282.352,00

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 744.597.800,00RP 0,00

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 592.416.000,00RP 8.600.000,00

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

AnggaranRealisasi
Rp 2.000.000,00RP 0,00

Lokasi Kantor Desa

Latitude:
Longitude:

Desa Padang Jaya, Kecamatan Kuaro, Kabupaten PASER - 64

Buka Peta

Wilayah Desa